Jumat, 03 Februari 2012

SANG MATAHARI


”Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun , dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) pada orang-orang yang mengetahui”. (Q.S Yunus 10: 5)       
Matahari adalah bintang yang besar, bahkan besarnya kira-kira 325.599 kali melebihi planet Bumi. Bumi perputar pada porosnya dalam kurun waktu satu hari (Rotasi). Bumi mengelilingi Matahari dalam kurun waktu setahun(Revolusi). Matahari berjarak 150 juta km dari bumi, matahari menyediakan energi yang kita butuhkan terus-menerus. Pada benda angkasa yang berenergi sangat besar ini, atom hydrogen terus menerus berubah menjadi helium. Kira-kira setiap detik 616 miliar ton hydrogen berubah menjadi 612 miliar ton helium. Jadi energi yang dihasilkan 500 juta ton/detik. Kebutuhan energi kehidupan di bumi 99% berasal dari Matahari. Setengah dari energi ini kasat mata berbentuk cahaya dan sinar ultraviolet. Dan yang tak kasatmata berupa panas. Setiap 5 menit permukaan Matahari memuai secara berkala seperti lonceng. Permukaan Matahari bergerak mendekat dan menjauh kira-kira 3 km dari bumi dengan kecepatan 1.080 km/jam.
“ Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Allah  yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui.” (Q.S Yasin, 36: 38)
Para Astronomi berpendapat, akibat dari aktivitas Bumi,  Matahari berjalan dengan kecepatan 720.000 km/jam menuju Solar Apek ( suatu tempat pada bidang angkasa yang dekat dengan bintang vega). Ini berarti matahari bergerak sejauh kira-kira 720.000x24 jam = 17.280.000 km dalam sehari, begitu pula bumi yang bergantung kepada Matahari. (Harun Yahya, Manusia dan Alam Semesta, 2004).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar