Jumat, 03 Februari 2012

“MAKANAN ALAMI PENDAMPING ASI”


“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langka-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu” ( Q.S. Al-Baqoroh, 2: 168).
Orang beriman menyadari bahwa Allah telah memberikan tubuh sebagai amanah. Untuk itu, dia harus memberi tubuh makanan dengan cara yang sehat dan halal. Tubuh manusia harus mendapatkan semua makanan yang di butuhkan untuk pertumbuhan 100 triliun sel. 

LABU KUNING (Cucurbita moschata)
Penyebutan kata labu ( khardal) di dalam Al-Qur’an: ”Kemudian untuk dia Kami tumbuhkan sebatang pohon dari jenis labu” (Q.S Ash-Shaffat 37: 146). Pada ayat sebelumnya dijelaskan, pohon ini di tumbuhkan untuk Nabi Yunus saat ia dilemparkan Allah keluar dari perut ikan ke dataran yang tandus dan dalam keadaan sakit.
Diriwayatkan dari Anas r.a. ia mengatakan bahwa Rosulloh banyak makan labu. Begitu pula Ali bin Abi Thalib.r.a berkata “ Apabila kalian memasak daging maka perbanyaklah labu di dalamnya. Sebab labu dapat membuat gembira hati yang sedih”.
Labu adalah  sayuran yang kaya akan nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat. Vitamin A pada buah labu kuning sangat tinggi. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh bayi anda.
Bubur labu kuning rasa susu:
1.       50 gram labu kuning rebus
2.       1 buah kuning telor rebus
3.       1 sdt susu formula
4.       200 ml air matang.
Cara membuat:
1.       Campur semua bahan dan proses dengan blender sampai halus.
2.       Panaskan di atas api kecil, aduk sampai kental dan matang. Angkat, sajikan hangat pada bayi anda.




KACANG MERAH( Vigna Angularis)
Kacang jenis apapun adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Kacang-kacangan juga makanan yang baik untuk otak. Menurut penelitian, kacang-kacangan mengandung omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak , terutama kacang merah. 
Komposisi kacang-kacangan : protein nabati, lemak, zat tepung, kalsium, magnesium, fosfor, sodium, potassium, vitamin A, B, C.
Bubur kacang merah rasa susu:
1.       80 gram kacang merah yang sudah di rebus.
2.       200 ml air matang.
3.       1 sdm susu formula.
4.       1  aren yang sudah diiris-iris

Cara membuatnya:
1.       Campur semua bahan, proses dengan blender tambahkan gula aren.
2.       Panaskan di atas kompor dengan api kecil sampai bubur matang dan mengental. Angkat dan sajikan hangat pada bayi anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar