Jumat, 03 Februari 2012

HIU HEWAN YANG MENAKJUBKAN


TAHUKAH KAMU? Jika ikan hiu, hewan yang terkenal dengan nama latin Isarus  oxyhyncus ini, dapat hidup di berbagai suhu air? hewan tersebut adalah:
1.       “Hiu  Banteng” ia dapat hidup di air tawar tapi tidak bertahan lama hanya sekitar 2 minggu.  Hiu Banteng pernah terlihat di beberapa sungai seprti sungai kongo di Afrika, sungai Mississippi Amerika utara, sungai Amazon Amaerika Selatan bahkan berenang ke danau Nikaragua di Amerika Tengah.
2.       “Hiu Greenland” ikan ini hidup di perairan es Laut Antartika.
3.       “ Hiu Putih, hiu Biru, hiu Martil” dan lainnya hidup di laut tropis berair hangat.

HIU TERBESAR.
Hiu “Paus” adalah hiu terbesar. Panjangnya rata-rata mencapai 14 meter hampir separoh badan ikan “Paus Biru”, mulutnya lebih dari 1 meter, dan beratnya sekitar 20 ton. Makanan favoritnya adalah Ikan dan plankton.
  
HIU TERKECIL.
Hiu “Kerdil Berduri”. Ia sangat kecil. Rata-rata panjangnya hanya 20 cm. ia hidup  1.000 meter di kedalaman laut. Makanan favoritnya adalah cumi-cumi dan ikan kecil.

HIU PURBA.
Hiu “ Berjumbai”, menurut para ahli  hiu berjumbai adalah spesies purba. Badannya seperti belut dan panjangnya mencapai 2 meter. Ia memiliki 300 gigi yang tertata dalam 27 baris. Ia Hidup 1.000 meter atau lebih di kedalaman laut yang gelap.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar