Jumat, 03 Februari 2012

AYAT YANG MENJADI INSPIRASI KARYA SENI


“Bahkan mereka mengatakan, (Al-qur’an itu buah) mimpi-mimpi yang kacau, atau hasil rekayasanya (Muhammad) atau bahkan dia hanya seorang penyair, cobalah ia datangkan kepada kita suatu tanda (bukti), seperti halnya rasul-rasul yang diutus terdahulu”             (Q.S Al-Anbiya’ 21: 5).
Di ayat ini diisyaratkan bahwa kesenian membaca syair ada sejak zaman dahulu seperti yang sering dibacakan oleh ahli syair dari bangsa Arab, akan tetapi keindahan dan makna kandungannya tidak ada yang bisa menandingi ayat-ayat yang ada dalam Al-Qur’an, karena ayat-ayat Al-Qur’an merupakan firman Allah sebagai wahyu yang diturunkan pada Nabi Muhammad untuk disampaikan pada manusia sebagai petunjuk kebenaran dan sebagai sumber yang memberikan motivasi dan inspirasi untuk melahirkan suatu karya, diantaranya karya seni suara atau nyanyian anak-anak . Contoh, nyanyian anak-anak yang sesuai dengan makna ayat Al-Qur’an adalah: 

BINTANG KEJORA
Kupandang langit penuh bintang bertaburan
Berkelap kelip seumpama bintang berlian
Tampak sebuah lebih terang cahayanya
Itulah bintangku bintang kejora yang indah slalu.

Khasanah Pengetahuan:
Lagu ini sudah diisyaratkan sejak dahulu di dalam Al quran. “ Demi langit yang datang pada malam hari”. Dan tahukah kamu apa yang datang pada malam hari? ( yaitu) bintang yang bersinar tajam”.                     (Q.S At-Tariq 86: 1-3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar